Salin Artikel

Gara-gara Domba Ternak, Bandara Kertajati Batal Validasi Instrumen Pendukung Penerbangan

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, proses validasi tersebut rencananya bakal dilakukan hari ini, Rabu (23/3/2018) pagi. Namun, karena faktor non teknis, proses validasi tersebut dibatalkan dan diundur menjadi Kamis (24/3/2018) hari ini.

“Verifikasi ini untuk memastikan alat navigasi penerbangan kita siap,” kata Virda saat melakukan kunjungan ke Terminal Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu siang.

Lebih lanjut Virda menambahkan, beberapa temuan non teknis yang membatalkan proses validasi tersebut paling banyak berada di sekitaran landasan pacu (runway).

“Temuan kemarin adanya obstacle seperti drum, bambu, bekas tali barier, batu, di tepian runway ada pengembala domba dan orang melintas runway,” tuturnya.

Virda menjelaskan, masih banyaknya orang yang melintas, termasuk penggembala ternak domba, di landasan pacu Bandara Internasional Kertajati karena masih banyak pagar pembatas antara area bandara dan perkampungan warga yang belum terpasang.

“Insya Allah beres hari ini. Semua sedang berjalan. Laporan terakhir nanti jam 17.00 WIB. Kalau clear semua, pasawat dari Bandung masuk besok,” ungkapnya.

Rencananya, lanjut Virda, pesawat yang akan masuk ke Bandara Internasional Kertajati untuk melakukan validasi berjenis Beechcraft King Air B 350i yang dipiloti Kapten Sri Mulyanto.

“Kalau semua sudah diverifikasi, airlines dipastikan bisa masuk,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2018/03/29/07022811/gara-gara-domba-ternak-bandara-kertajati-batal-validasi-instrumen-pendukung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke