Salin Artikel

RS Soedono Madiun Rawat Ibu dan Dua Putranya yang Positif Difteri

Direktur RSUP Dr Soedono Madiun, dr Bangun Trapsila Purwaka yang dikonfirmasi wartawan, Kamis (1/2/2018) membenarkan masih dirawatnya tiga pasien positif difteri di ruang isolasi. Ketiga pasien yakni sang ibu E (34) serta dua putranya MU (14) dan ER (12).

"Ketiganya masuk ke RS Soedono setelah dirujuk dari RSUD Sogaten Kota Madiun sejak Jumat (26/1/2018). Saat ini ketiganya masih dirawat intensif di ruang isolasi," ungkap Bangun.

Bangun menuturkan, kondisi ketiga pasien positif difteri sudah membaik setelah dirawat enam hari di ruang isolasi. Bila dalam pengecekan darah besok sudah negatif, ketiga pasien akan dilakukan rawat jalan.

Hanya saja, sambung Bangun, dua dari tiga pasien belum mendapatkan suntikan ADS untuk membasmi toksinya. Pasalnya, stok ADS di Kota Madiun dan Jawa Timur habis. "Kami sudah minta ke Surabaya katanya juga habis," ungkap Bangun.

Ia menambahkan, sebelumnya rumah sakit menerima lima pasien dari wilayah Kabupaten dan Kota Madiun yang suspek difteri. Namun setelah dilakukan pengecekan medis, kelima pasien itu negatif difteri. 

https://regional.kompas.com/read/2018/02/01/16204251/rs-soedono-madiun-rawat-ibu-dan-dua-putranya-yang-positif-difteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke