Salin Artikel

3.000 Polisi Akan Amankan Aksi Bela Rohingya di Magelang

Aksi ini rencananya akan diikuti ratusan organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kami siapkan 3.000 personel. Jadi atau tidak jadi aksi, kami akan gelar pasukan, Kamis (7/9/2017) besok," jelas Wakil Kepala Polres Magelang Kompol Heru Budiarto, Selasa (5/9/2017).

Heru menjelaskan, dari jumlah tersebut tidak seluruhnya berasal dari Polres Magelang. Namun dari beberapa daerah tetangga, seperti Polres Magelang Kota, Yogyakarta, Kebumen, dan lainnya.

Meski sudah berkoordinasi dengan penyelenggara aksi, pihaknya belum menerima surat pengajuan izin. Meski demikian, kepolisian bersama Forkompimda setempat, tetap melakukan persiapan.

"Perizinan sampai saat ini belum diajukan. Tapi, Polres Magelang bersama Forkompimda tetap berkoordinasi. Kapasitas kita hanya merekomendasikan pada satuan atas," ujar dia.

Heru memastikan, aksi akan digelar di Masjid An-Nur Sawitan bukan di Candi Borobudur seperti rencana semula. Hal ini sesuai kesepakatan antara penyelenggara, kepolisian, dan Forkompimda setempat untuk menjaga keamanan cagar budaya dunia itu.

Masjid ini terletak di samping komplek kantor Pemerintah Kabupaten Magelang atau sekitar 1,5 kilometer dari Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

Aksi tidak bersifat orasi melainkan dengan shalat Jumat berjamaah, doa bersama, dan penggalangan donasi untuk muslim Rohingya yang sedang menderita di Myanmar. 

https://regional.kompas.com/read/2017/09/05/18353041/3000-polisi-akan-amankan-aksi-bela-rohingya-di-magelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke