Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Aji yang Membuat Ganjar Heran Itu Mulai Dikeruk

Kompas.com - 06/06/2017, 16:50 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Kali Aji yang melintang di depan Pasar Gladak Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, akhirnya dikeruk. Pengerukan Kali Aji, sepanjang sekitar 500 meter itu, menggunakan satu alat berat.

Menurut Koordinator Lapangan dari Dinas PSDA Jawa Tengah Perwakilan Kendal, Adi Darmawan, pengerukan ini dilakukan karena ada instruksi mendadak dari Kepala Dinas PSDA Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pengerukan dimulai dari pertigaan Plantaran sampai Jagalan dan dilanjutkan ke Kalibendo. Pengerukan tersebut membuat jalan Gladak tersendat.

“Kawasan ini kami dahulukan pengerukannya, karena untuk mengurangi banjir yang selalu terjadi jika hujan, “ kata Adi, Selasa (6/6/2017).

Adi mengaku, pengerukan mengalami kendala akibat jaringan kabel listrik yang melintang di atas kali, dan bangunan yang ada di bantaran sungai. Sehingga alat berat tidak bisa leluasa bergerak.

Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kecamatan dan desa, supaya pengerukan berjalan lancar.

"Untuk area yang bantaran sungainya banyak bangunannya, sementara akan dilewati, karena alat berat tidak bisa menjangkau," ujarnya.

Kali Aji Kaliwungu Kendal, terbagi menjadi dua. Satu untuk saluran irigasi, lainnya untuk pembuangan limbah rumah tangga.

Kali itu pada Mei 2017 lalu, pernan dikunjungi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Saat melihat kondisi Kali Aji, Ganjar heran karena Kali Aji sudah berubah menjadi tempat sampah. 

Baca juga:  Ganjar Heran Kali Aji Berubah Fungsi Menjadi Tempat Sampah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com