Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Repro Indonesia Sebut Mantan Menteri Ini Layak Ikut Pilkada Jabar

Kompas.com - 03/05/2017, 11:42 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) periode 2009-2014 Helmy Faishal Zaini dinilai pantas untuk ikut bertarung dalam Pilkada Jawa Barat 2018 bersama beberapa tokoh lainnya seperti Ridwan Kamil, Desi Ratnasari, Dedi Mulyadi, dan Deddy Mizwar. 

Menurut hasil kajian dari Research for Political Regenaration Organization (Repro) Indonesia, Helmy Faishal dinilai layak ikut dalam Pilkada  Jawa Barat 2018 karena merupakan salah satu putra daaerah Jawa Barat yang lahir di Cirebon. 

"Jawa Barat sangat memerlukan figur yang memiliki pengalaman leadership yang tangguh dn teruji. Helmy dinilai layak karena memiliki pengalaman di eksekutif, karena pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) periode 2009-2014," kata Direktur Repro Indonesia, Hasim Adnan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (3/5/2017).

Selain pernah menjadi menteri, Helmy dinilai punya beberapa pengalaman yang cukup menunjang yakni pernah menjadi anggota DPR RI selama dua periode, periode 2004-2009 dan 2014-2019.

Helmy juga dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal PB NU periode 2015-2020 dan memiliki latar belakang keluarga santri yang merepresentasikan dirinya sebagai muslim moderat. Adnan menilai poin-poin tersebut sangat cukup sebagai modal Helmy bertarung di Pilkada Jawa Barat 2018.

"HF juga merupakan aktivis dan tokoh muda Sunda yang berkiprah di tingkat pusat. Dikatakan demikian, karena HF setelah menyelesaikan S1 di Universitas Daarul Ulum Jombang, pada tahun 1996 hijrah ke Jakarta untuk ikut dalam barisan pro-reformasi," sebutnya.

Sementara itu, Hasim menilai Desi Ratnasari merupakan figur yang dinilai cocok untuk berpasangan dengan Helmy. 

"Kecocokan tersebut berdasarkan representasi dari dua wilayah yang akan saling memperkuat. HF representasi wilayah pantura Jawa Barat, sementara Desi Ratnasari representasi wilayah Selatan," ucap dia.

Baca juga: Banyak yang Ingin Dampingi Ridwan Kamil, Salah Satunya Desy Ratnasari

Kompas TV Seberapa Besar Peluang untuk Diusung di Pilkada Jabar 2018?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com