Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Sukabumi Kembalikan Julukan 'Hollywood' Indonesia

Kompas.com - 07/04/2017, 22:17 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Sukabumi berjanji akan mengalokasikan anggaran untuk membangkitkan kembali perfilman di Sukabumi, Jawa Barat. Karena sebelumnya, Sukabumi dikenal sebagai Hollywood-nya Indonesia.

"Pada era 90-an Sukabumi ini dikenal sebagai Holywood-nya Indonesia," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan seusai mengikuti diskusi bertajuk "Sukabumi sebagai Kota Sinema dan Pergerakannya" di Hotel Anugrah, Jumat (7/4/2017) petang.

Saat ini, sambung dia, dunia perfilman di Sukabumi sudah mulai bangkit kembali. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya komunitas yang diisi sineas muda membuat film indie. Hanya saja belum ada organisasi berbadan hukum yang mewadahinya.

"Pengalokasian anggaran saat ini harus diberikan kepada organisasi yang sudah memiliki badan hukum. Tapi teman-teman ini masih komunitas yang belum berbadan hukum," ujar dia.

(Baca juga: Film Indie, Semangat Tak Sependek Durasi)

Fahmi berharap para sineas yang ada di Kota Sukabumi membentuk satu organisasi yang mewadahi semuanya dan berbadan hukum. "Nanti kalau sudah ada lembaga yang berbadan hukum, Insya Allah Pemkot akan membantu," ucapnya.

Ketua Komisi 3 DPRD Kota Sukabumi, Gagan Rahman mendukung janji Pemkot Sukabumi yang berencana mengalokasikan anggaran dari APBD dalam upaya mendorong dan membangkitkan dunia film di Sukabumi.

"Insya Allah, nanti kami akan mengingatkan Pak Wakil Wali Kota untuk memenuhi janjinya dalam dunia film ini," kata wakil rakyat yang juga sempat ikut bermain film berjudul 'KH Ahmad Sanusi'.

Salah seorang pekerja film di Sukabumi, Yudi Onyeh menyambut baik janji Pemkot Sukabumi. Ia secepatnya akan mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan dengan para pekerja film yang ada di Sukabumi.

(Baca juga: "Di Indonesia Belum Ada Bioskop Khusus Film Seni dan Indie")

 

"Sebenarnya kami para pekerja film di Sukabumi sudah solid, meskipun berada pada beberapa komunitas," tutur Yudi.

Diskusi film yang digelar Sukabumi Sinema Indie Film ini juga dihadiri sejumlah sineas senior Sukabumi seperti sutradara Agus Ilyas dan salah seorang pelopor film indie yaitu Arya Kusuma Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com