Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Mamuju Utara, Jalur Trans-Sulawesi Lumpuh

Kompas.com - 23/02/2017, 22:22 WIB

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com — Banjir kembali melumpuhkan jalur Trans-Sulawesi yang menghubungkan wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, sehingga menyebabkan antrean panjang tak bisa terbendung.

"Hujan selama berjam-jam di daerah ini mengakibatkan genangan air menutupi badan jalan. Akibatnya, kendaraan roda empat dan dua dari dua arah berlawanan harus terhenti selama berjam-jam," kata Adhi, seorang sopir yang terjebak macet akibat banjir yang melanda daerah Matra, Kamis (23/2/2017).

Jalan penghubung antara Kabupaten Mamuju Utara (Matra) dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, terhalang akibat ketinggian air semakin meninggi. Lokasi banjir ini berada di Desa Gunungsari, Desa Bamballamotu, sekitar 60 kilometer dari Kota Pasangkayu.

Banjir baru bisa dilalui kendaraan roda enam milik perusahan sawit sekitar pukul 20.00 wita. Sementara itu, kendaraan roda empat masih terlihat mengantre, menunggu banjir yang menggenangi jalan penghubung antara kabupaten surut.

Antrean kendaraan yang memanjang tersebut membuat sejumlah pengendara roda dua tidak sabar dan nekat menerobos banjir sehingga tidak sedikit dari mereka terpaksa harus mendorong kendaraannya karena mogok di tengah genangan banjir.

Selain jalan penghubung antar-kabupaten yang terendam banjir, ratusan hektar lahan sawit milik PT Pasangkayu juga terendam banjir. Musibah ini juga dampak maraknya pembukaan lahan perkebunan sawit di daerah itu.

"Tak ada lagi resapan air akibat pembukaan lahan perkebunan yang terus terjadi. Akibatnya, saat curah hujan cukup tinggi, maka dengan mudah genangan air tak bisa dielakkan lagi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com