Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bongkar Pabrik Senjata Api Rakitan di Aceh

Kompas.com - 08/01/2017, 14:38 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Polsek Karang Baru, Aceh Tamiang, membongkar keberadaan pabrik senjata api rakitan di sebuah bengkel sepeda motor Desa Tanjong Karang, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang.

Dari bengkel itu, polisi menyita sepucuk senjata api rakitan jenis FN, tiga pucuk rangka senjata api yang belum sempat dirakit dan satu pucuk rangka senjata api laras panjang.

"Kami juga menemukan tiga buah magasin, 61 selongsong amunisi untuk senjata laras panjang jenis SS1, satu buah amunisi aktif jenis SS1, dua buah amunisi aktif FN, satu buah selongsong FN, satu pucuk senapan angin dan senjata api mainan, sebilah samurai dan satu buah selongsong bom asap," kata Kapolres Aceh Tamiang AKBP Yoga Prasetyo, Sabtu (7/1/2017).

Dia menyebutkan, awalnya Kapolsek Karang Baru Iptu Alviandi Lubis menerima informasi ada perakitan senjata api di bengkel tersebut.

Alviandi memerintahkan tim untuk menyelidiki dan ternyata benar ada temuan senjata api.

"Kita sita senjata api itu serta pemilik bengkel berinisial AF (28) kita tangkap," kata Yoga.

Bengkel itu tidak terlihat aneh dan layaknya bengkel sepeda motor lain. Namun, warga sekitar mengakui bengkel itu agak tertutup.

"Jadi kalau tidak diperhatikan benar-benar, orang tidak akan tahu itu bengkel. Tidak ada tanda-tanda di sana bengkel seperti umumnya ramai dikunjungi orang yang ingin memperbaiki sepeda motor," ujar Yoga.

Polisi juga menyita satu boks amunisi besi, laptop dan modem, serta peralatan mesin las dan gerenda yang diduga kuat digunakan untuk merakit senjata api.

Polisi masih menyelidiki temuan ini, termasuk mencari tahu pemesan senjata dan cara pelaku membuat senjata api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com