Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tahun Baru, Pendaki Dilarang Dekati 3 Gunung Api di Maluku

Kompas.com - 28/12/2016, 17:02 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Jelang pergantian tahun ke 2017, pendaki gunung maupun masyarakat dilarang mendekati tiga gunung api yang ada di Maluku Utara.

Ketiga gunung itu yaitu gunung api Gamkonora di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat; Gunung Dukono di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara serta; Gunung Gamalama di Kota Ternate.

Kepala pos pengamatan Gunung Gamalama, Darno Lamane mengimbau kepada masyarakat dan pendaki gunung untuk tidak mendekati kawah gunung hingga radius 1,5 kilometer.

“Untuk Gunung Api Gamalama ada peningkatan aktivitas, gempa tremor masih terdengar, untuk itu dimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati hingga radius 1,5 kilometer,” kata Darno, Rabu (28/12/2016).

Warga yang tinggal di bantaran sungai juga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan lebat.

Begitu pula untuk status gunung Gamkonora dan Dokuno masih berada di level II (waspada), sehingga masyarakat diimbau untuk tidak mendekatinya hingga radius 2 kilometer.

“Status gunung masih waspada, untuk itu kepada masyarakat untuk tidak mendekati gunung hingga radius 2 kilometer,” kata kepala pemantau gunung Dukono, Iwan Amat.

Aktivitas gunung katanya masih saja terjadi dan masih mengeluarkan abu vulkanik maupun asap putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com