Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, 9 Penerbangan Rute Bima dan Sumbawa Dibatalkan

Kompas.com - 22/12/2016, 05:18 WIB
Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Sembilan penerbangan rute Bima dan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dibatalkan akibat cuaca buruk, Rabu (21/12/2016).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, berdasarkan pantauan di Lombok Internasional Airport, ada lima pesawat yang batal berangkat dengan rute penerbangan Lombok menuju Bima dan Sumbawa.

"Tiga penerbangan ke Sumbawa dan dua penerbangan ke Bima yang cancel," kata Ardita.

Selain itu, ada empat rute penerbangan dari Bima dan Sumbawa tujuan Lombok yang batal diberangkatkan. Total ada 9 rute penerbangan Bima dan Sumbawa yang batal berangkat pada Rabu.

Ardita mengatakan, pembatalan dilakukan karena kondisi cuaca di Bima dan Sumbawa yang tidak memungkinkan untuk penerbangan. Jarak pandang yang pendek mengakibatkan pihak maskapai penerbangan tidak berani melakukan pendaratan.

"Informasi yang kami terima itu karena hujan dan juga angin," kata Ardita.

Ardita menambahkan, selain pembatalan penerbangan rute Bima dan Sumbawa, kondisi cuaca di Lombok Internasional Airport sore tadi juga menyebabkan beberapa pesawat mengalami penundaan keberangkatan.

"Selain itu ada dua pesawat yang divert ke Bali," tambah Ardita.

Pihak angkasa pura belum bisa memastikan berapa jumlah penumpang yang batal berangkat menuju Bima dan Sumbawa.

Pantauan Kompas.com di Bandara Internasional Lombok, hingga Rabu malam, puluhan calon penumpang masih tetap bertahan di bandara sambil menunggu jadwal keberangkatan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com