Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tali Baja Pengikat Putus, Ponton Hantam Dua Kapal di Pelabuhan Nunukan

Kompas.com - 14/12/2016, 11:00 WIB
Sukoco

Penulis

KUTAI TIMUR, KOMPAS.com - Tali pengikat baja ponton pengerjaan tiang pancang Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara, putus dan menyebabkan ponton pengangkut alat berat menghantam dua tugboat kayu milik PT Hutama Karya. Akibat kejadian tersebut, kedua kapal tersebut karam di pelabuhan.

Manajer Operasional PT Pelabuhan Indonesia Nunukan Berly Sianapati mengatakan, tali baja itu putus pada Senin (12/12/2016) pukul 23.00 Wita. Ia menyebut kejadian itu murni kecelakaan.

"Sling pengikat ponton putus karena hujan deras dan arus kuat sehingga menghantam dua tugboat milik perusahaan yang mengerjakan pembangunan pelabuhan," kata Berly, Rabu (14/12/2016).

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Seorang anak buah kapal yang tidur di dalam tugboat berhasil menyelamatkan diri saat kecelakaan terjadi.

Dua kapal tunda yang menjadi korban hancur dan tenggelam di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pekabuhan Tunotaka Nunukan Agus Subagyo meminta pemilik tugboat segera menarik bangkai kapal yang tenggelam karena berada di lokasi tambat reguler kapal jurusan Nunukan–Tawau, Malaysia.

"Itu mengganggu arus lalu lintas kapal. Kita masih rapatkan dulu untuk menarik tugboat tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com