Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Puluhan Liter Bahan Kimia, Kamar Kos KF Diduga Jadi Lokasi Perakitan Bom

Kompas.com - 12/12/2016, 18:30 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KARTASURA, KOMPAS.com - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menemukan puluhan liter bahan kimia di kamar kos KF (22) di RT 2/ RW 8, Keputren, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (12/12/2016) siang. Bahan-bahan kimia itu diduga kuat akan digunakan untuk meracik bom.

KF yang ditangkap di Ngawi, Jawa Timur, Minggu (11/12/2016), diduga terlibat dalam jaringan teroris bom Bekasi pimpinan Solikhin. Ia diduga bertugas meracik bom dalam penanak nasi seberat tiga kilogram.

Dugaan kamar kos KF menjadi lokasi perakitan bom sebelum dibawa ke Jakarta diperkuat dengan penemuan 42 botol plastik berisi cairan kimia, satu pak parafin, dan dua botol dengan ukuran sedikit lebih besar.

Selain bahan kimia, petugas Densus 88 juga mengamankan satu unit laptop, flashdisk, dan telepon genggam serta buku milik KF.

"Ada yang diamankan botol-botol, tapi untuk isinya masih belum diketahui. Ini terkait penangkapan KF di Ngawi," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano, Senin.

Penjaga kos, Mutiah, mengatakan bahwa KF sempat terlihat di sekitar kos sehari sebelum ditangkap di Ngawi.

"Kalau enggak salah Sabtu masih ada di kos. Di sini juga baru dua bulan," kata Mutiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com