Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Psikologi Unimal Bantu Pemulihan Trauma Korban Gempa Aceh

Kompas.com - 12/12/2016, 16:13 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Tim Psikologi Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, membantu pemulihan trauma bagi korban gempa di Pidie Jaya.

Tim ini dipimpin Nursan Junita dan melibatkan dosen serta mahasiswa jurusan psikologi kampus tersebut.

"Tim memberikan pemulihan trauma di Desa Mancang, Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya. Selain itu, tim terus mobile ke desa lainnya," kata Nursan, Senin (12/12/2016).

Dia menyebutkan, tim menggelar psikososial bersama anak-anak dengan melakukan terapi bermain.

Di desa yang sama, mereka juga melakukan dukungan terapi secara berkelompok terhadap ibu-ibu dengan melakukan bimbingan kelompok, psikoedukasi mengenai reaksi yang terjadi ketika bencana, serta berbagi cerita dan melakukan teknik relaksasi.

Menurut Nursan, tim psikologi sangat dibutuhkan di semua lokasi pengungsian. Tujuannya memulihkan trauma masyarakat pascabencana.

Saat ini, tim psikologi yang membantu pengungsi di antaranya tim psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Negeri Islam Ar Raniry, Universitas Syiah Kuala, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Gempa berkekuatan magnitudo 6,5 pada 7 Desember 2016 mengakibatkan ratusan bangunan rubuh di Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen. Ribuan orang mengungsi dan hingga kini pencarian korban terus dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com