Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Landa Salatiga, Tenda Pengungsian Disiapkan

Kompas.com - 09/12/2016, 07:08 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Tenda pengungsian, posko kesehatan, dan dapur umum disiapkan untuk para korban angin puting beliung di Salatiga.

Belum ada angka resmi yang dirilis oleh otoritas setempat namun dua sekolah, ratusan rumah warga, gedung perkantoran dan gedung sekolah rusak berat akibat pohon yang tumbang maupun akibat terjangan angin puting beliung secara langsung yang mendera wilayah kota berjuluk Indonesia mini ini pada Kamis (8/12/2016) sore.

Selain itu pohon yang tumbang juga menimpa sejumlah kendaraan yang berada di halaman parkir.

Wilayah yang paling parah kerusakannya adalah di Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo. Petugas dibantu relawan dan warga setempat hingga Kamis malam turun tangan dalam tanggap bencana angin puting beliung ini.

"Kita sudah melihat keliling ke sana, pertama kita membentuk dapur umum untuk membantu saudara-saudara kita yang memang rumahnya jadi korban. Kemudian kita juga pasang tenda (pengungsian) di SD yang kena bencana itu, SDN Sidorejo Lor 04," kata Pj Walikota Salatiga Ahmad Rofai, Kamis malam.

Perkembangan hingga Kamis malam, tenda pengungsian yang didirikan untuk menampung warga yang ingin mengungsi masih kosong. Warga korban puting beliung banyak yang sudah tertampung di rumah para tetangga yang tidak mengalami kerusakan.

Total kerugian material belum dapat diperkirakan. Namun warga korban angin puting beliung ini mengharapkan bantuan untuk merenovasi rumah mereka.

"Kamis pagi mulai jam tujuh, kerja bakti massal akan dilakukan untuk membersihkan dan membantu memperbaiki kerusakan yang ada," ucap Rofai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com