Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Retno Sampaikan Tiga Pesan dalam Penutupan Sidang Umum Interpol

Kompas.com - 10/11/2016, 22:34 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan tiga pesan saat memberi sambutan pada penutupan Sidang Umum Interpol ke-85 di Nusa Dua Bali, Kamis (11/10/2016).

"Kalau kita melihat tantangan global dalam hubungan internasional maka tantangan yang dihadapi oleh Interpol sama dengan tantangan yang dihadapi oleh hubungan antar-negara. Saya menyampaikan tiga hal yang kita harapkan dari Interpol," kata Retno.

Tiga tantangan yang dimaksudkan itu adalah, pertama, Interpol diharapkan dapat memberikan kontribusi di dalam pembangunan arsitektur keamanan regional.

"Interpol merupakan bagian dari yang tidak terpisahkan dalam upaya kita membangun arsitektur kawasan yang damai," ujar Retno.

Tantangan kedua adalah tantangan yang semakin kompleks dan memerlukan sebuah kedekatan yang sangat komprehensif.

Oleh karena itu, kerja sama internasional sangat diperlukan. Sebab, tidak ada satu pun negara yang mampu menangani tantangan dunia sendirian. Kerja sama diperlukan yang lebih strategis dan konkret.

Tantangan ketiga, Interpol diharapkan mampu untuk menyesuaikan mengenai tantangan baru yang terkait dengan teknologi informasi, yaitu terkait tantangan cyber crime.

Interpol diharapkan juga mampu untuk mengatasi bersama masalah ini.

Kompas TV Bantuan Kemlu Untuk 177 Jemaah Haji yang Ditahan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com