Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo 4 November di Takengon, Kapolres Pimpin Langsung Pengamanan

Kompas.com - 04/11/2016, 23:38 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Demo 4 November tak hanya digelar di Jakarta, tetapi juga digelar hingga di pedalaman Aceh, yakni Takengon, Aceh Tengah.

Berdasarkan pantauan KOMPAS.com, massa yang merupakan gabungan dari sejumlah ormas melakukan long march berkeliling Kota Takengon sembari berorasi dengan membawa bendera organisasi masing-masing.

Mereka juga menenteng spanduk dan poster berisikan desakan kepada kepolisian untuk memproses hukum laporan masyarakat terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama.

Laporan ini terkait dengan pengutipan ayat suci oleh Ahok. Adapun aksi massa yang didominasi mahasiswa tersebut berpusat didepan Mapolres Aceh Tengah yang berada disekitar Jalan Lebe Kader.

(Baca juga: Demo 4 November, Pedemo Ajak Polwan Berfoto Bersama)

Kapolres Aceh Tengah AKBP Eko Wahyudi S IK tampak terjun langsung memantau dan memimpin pengamanan demontrasi tersebut.

Kapolres tampak diminta massa untuk naik ke sebuah mobil yang dijadikan panggung orasi.

"Saya ucapkan terima kasih karena telah melakukan aksi secara damai, dan segala tuntutan massa, Alhamdulillah tuntutan mereka sudah saya terima, dan akan saya tindak lanjuti," Kata Eko yang ditemui wartawan beberapa saat usai aksi digelar.

Ia juga menilai bahwa unjuk rasa kali ini tergolong cukup baik. Dari awal, kata dia, demonstrans telah memberi informasi mengenai rencana aksi.

"Ini (unjukrasa damai) merupakan suatu kesadaran yang cukup baik. Dari awal mereka sudah memberitahukan jauh-jauh hari kepada kita, mereka koordinasi dengan kepolisian, mulai dari titik awal konsentrasi massa hingga (pembacaan) tuntutan tadi kita kawal dengan baik," ujar dia.

(Baca juga: Fahri Hamzah: Presiden Abaikan Demo Terbesar dalam Sejarah Indonesia)

Aksi ini juga diwarnai dengan doa bersama. Massa kemudian membubarkan diri tidak lama sebelum shalat Jum'at dilaksanakan di daerah tersebut.

Adapun organisasi yang mengerahkan massa dalam aksi ini adalah HMI Cabang Takengon, Ormas Muhammadiyah Aceh Tengah, KAMMI, PII, Pemuda Al Wasliyah, DEMA STAIN Gajah Putih, DEMA STAIN Gajah Putih, PEMA UGP serta HTI Aceh Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com