Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencuri Uang Kotak Amal, Januar Diamankan bersama Anak dan Istrinya

Kompas.com - 26/10/2016, 12:32 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com –  Januar Wibowo alias Anong (38), warga Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, harus berurusan dengan polisi karena mencuri kotak amal yang berada di beberapa masjid di wilayah Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Aksi Januar tepergok, tatkala melancarkan aksinya di Masjid Sabilillah, yang berada di Jalan Sukodadi Karanggeneng, Desa Sukodadi, Kecamatan Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur, pada Selasa (25/10/2016) dini hari WIB.

Ia tertangkap basah warga, yang hendak melaksanakan shalat subuh di masjid tersebut.

“Kami sudah curiga melihat gelagatnya saat itu. Dan benar, setelah melihat kotak amal masjid yang gemboknya sudah terbuka, maka kami ramai-ramai mendatanginya,” tutur salah satu saksi Firman (34), Rabu (26/10/2016).

Setelah menanyai serta menggeledah pakaian pelaku, warga menemukan sejumlah uang di kantong Januar, yang diduga berasal dari uang yang ada di kotak amal.

Warga langsung membawa Januar ke markas kepolisian terdekat, untuk mempertanggungjawabkan kelakuannya.

Di kantor polisi, Januar tidak bisa mengelak dan mengakui apa yang telah dilakukannya.

“Saat diperiksa anggota, pelaku mengakui telah mencuri uang yang ada di kotak Masjid Sabilillah senilai Rp 265.000,” kata Kapolsek Sukodadi, AKP Ali Kanta.

Pelaku juga mengaku telah melakukan aksi serupa di beberapa masjid lain yang ada di Lamongan dan Kabupaten Bojonegoro.

“Dalam pemeriksaan, pelaku juga mengakui telah mencuri kotak amal di beberapa masjid yang ada di Lamongan dan juga Bojonegoro. Alasannya sih, buat ongkos untuk pulang ke Pontianak,” kata Ali.

Saat menjalankan aksi di Masjid Sabilillah, Januar memang tidak sendiri. Ia diamankan bersama seorang perempuan yang diakui sebagai istrinya serta anak kecil berusia dua tahun yang dikatakan sebagai anaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com