Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukhoi Milik TNI AU Latihan Pengeboman di Laut Natuna

Kompas.com - 05/10/2016, 17:52 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Pesawat Sukhoi SU-30 Flankers dari Skadron 11 TNI AU melakukan geladi bersih pengeboman target laut di Natuna, Kepulauan Riau.

Geladi bersih ini dilakukan menyambut acara puncak Latihan Angkasa Yudha 2016 pada Kamis (6/10/2016) besok.

"Pesawat Shukoi melakukan latihan terakhir bersama pesawat-pesawat lain yang terlibat dalam Latihan Angkasa Yudha 2016 di Natuna," kata Komandan Skadron 11 TNI AU Makassar Letkol Pnb David Ali Hamzah di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (5/10/2016).

Pesawat tempur tersebut sudah mulai terbang geladi sejak Senin (3/10/2016) dari Hang Nadim Batam menuju perairan Natuna.

Dalam Latihan Angkasa Yudha 2016, empat Sukhoi TNI AU di Batam dilengkapi dengan 72 bom. Burung-burung besi buatan Rusia itu akan menembak sasaran kapal di perairan sekitar Bandara Ranai Natuna.

David mengatakan, Sukhoi TNI AU akan menjadi tim penyapu target berupa sejumlah kapal atau target lain yang sudah disiapkan pada lokasi latihan.

Saat ini, sekitar kawasan VVIP Hang Nadim Batam sudah steril karena empat pesawat tersebut sudah mulai dipasangi bom yang akan digunakan dalam latihan tersebut.

"Latihannya sejak pertama sama. Untuk hari ini sudah benar-benar seperti apa yang akan dilaksanakan dalam acara puncak pada besok (Kamis) pagi," kata Hamzah.

Komandan Pangkalan Udara Tanjungpinang Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono mengatakan, Latihan Puncak Angkasa Yudha 2016 merupakan latihan akumulasi dari latihan tingkat personel, satuan, dan antarsatuan.

Latihan itu untuk menguji kesiapsiagaan satuan sekaligus menguji doktrin operasi udara dalam menanggulangi kontijensi dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personil Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas, dan dinas terkait.

"Masing-masing memiliki peran tersendiri dalam latihan ini. Jadi akan ada berbagai atraksi selama acara puncak ini," kata Wahyu.

Bandara Hang Nadim Batam menjadi salah satu bandara untuk menyiapkan pesawat yang akan terlibat dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com