Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.250 Lumbung Padi Akan Dibangun di Purwakarta

Kompas.com - 05/10/2016, 13:38 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggandeng Kodam III Siliwangi untuk membangun 5.250 lumbung padi di daerahnya. Hal ini seiring dengan komitmen TNI dalam Gerakan Ketahanan Pangan.

“Kami akan membangun lumbug padi di setiap kampung, desa, kecamatan, hingga kabupaten,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat dihubungi, Rabu (5/10/2016).

Dalam satu kampung, lanjut Dedi, akan dibangun lima lumbung padi. Sebagai langkah awal, akan dibangun satu lumbung padi tiap kampung dibiayai dari APBD Kabupaten Purwakarta. Jumlah kampung di Purwakarta sendiri mencapai 1.050.

Jika di dalam satu kampung akan dibangun lima lumbung padi, maka jumlah lumbung padi yang akan dibangun mencapai 5.250 lumbung padi.

“Nanti pembangunannya melibatkan TNI. Karena TNI sudah mempelopori gerakan ketahanan pangan,” tuturnya.

Kasdam III/Siliwangi Brigjend Wuryanto menyambut baik hal tersebut karena ini akan lebih menyatukan TNI dengan rakyat.

“Keduanya terus manunggal dalam kesatuan gerak langkah pembangunan. Saya kira bagus. Kami dari Kodam III/Siliwangi siap untuk itu,” ungkapnya.

Kapendam III Siliwangi, Letkol ARH Desi Ariyanto mengatakan, TNI membantu pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. Karena untuk beras saja Indonesia terus-terusan impor.

“Kita ini lucu. Negara agraris, tapi impor beras,” ungkapnya.

Karena itu, TNI bekerjasama dengan pemerintah daerah, Kementerian Pertanian, Bulog, dan masyarakan menjaga ketahanan pangan. Caranya, mulai dari membuka lahan, penelitian, pendampingan, perbaikan irigasi, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com