Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Semalaman, Waduk Gajah Mungkur dalam Level Aman

Kompas.com - 28/09/2016, 10:41 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Kepala Divisi Jasa ASA Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Erwando Rahmadi, melaporkan kondisi elevasi di Waduk Gajah Mungkur saat ini masih aman.

Hal ini terkait adanya kenaikan debit air Sungai Bengawan Solo di wilayah Jawa Timur, khususnya Kabupaten Ngawi, pada Rabu (28/9/2016) pagi.

Baca juga: Bengawan Solo Siaga I, Warga 4 Daerah di Jatim Diimbau Waspada

Erwando menjelaskan, kondisi Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah, saat ini berada di titik aman, yaitu 130,85 meter di atas permukaan laut (mdpl). Namun, level tersebut masih di bawah ambang batas aman, yaitu 136,00 mdpl.

"Memang ada kecenderungan naik karena hujan yang terjadi di sekitar wilayah Solo Raya. Selain itu, sungai di wilayah Madiun juga menambah debit air Sungai Bengawan Solo," kata Erwando, Rabu (28/9/2016).

Erwando juga menambahkan, dengan melihat kondisi Waduk Gajah Mungkur saat ini, belum diperlukan tindakan khusus bagi warga di sepanjang aliran sungai dengan panjang 548,53 kilometer tersebut.

Namun, warga diharapkan tetap waspada karena hujan sering terjadi di beberapa wilayah sekitar aliran sungai yang melintasi dua provinsi, Jawa Tengah dan Jawa Timur, tersebut.

Sementara itu, luapan Sungai Bengawan Solo terakhir merendam sejumlah wilayah di Kota Solo pada Juni 2016 lalu. Rumah Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo turut terendam.

Baca juga: Rumah Wali Kota Solo Turut Tergenang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com