Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala BNN Ungkap Empat Negara Penyuplai Narkoba ke Papua

Kompas.com - 09/09/2016, 05:39 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak empat negara diperkirakan menjadi pemasok narkoba ke Indonesia, khususnya di wilayah Papua. Empat negara ini adalah Papua Niugini, Australia, Filipina, dan Jepang.

Fakta ini diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional RI Komisaris Jenderal Budi Waseso seusai bertatap muka dengan 100 anggota TNI dan Polri di Aula Rasta Samara, Markas Polda Papua, Kota Jayapura, Kamis (8/9/2016).

Budi mengatakan, Papua termasuk salah satu wilayah yang rawan terjadi peredaran narkoba. Sebab, Papua memiliki wilayah perairan yang sangat luas dan diapit oleh dua negara yang dikenal sebagai penyuplai narkoba, yakni Australia dan Papua Niugini.

“BNN akan mengantisipasi peredaran narkoba dari empat negara ini ke Papua. Namun, fungsi pencegahan juga harus melibatkan seluruh elemen terkait selain BNN,” kata mantan Kapolsek di Kabupaten Sarmi ini.

Budi pun berharap adanya sinergitas antara BNN, TNI, dan Polri, serta pemerintah daerah setempat untuk mencegah warga di daerah perbatasan tidak membuka ladang ganja.

Sementara itu, Kepala Biro Operasi Polda Papua Kombes Haryanto mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk pencegahan peredaran narkoba di Papua bersama TNI maupun BNN setempat.

“Selama ini koordinasi antara kami dengan kedua institusi tersebut sudah berjalan baik. Pengamanan di wilayah Perbatasan RI dan PNG sudah cukup baik,” tutur Haryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com