Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Mangga 130 Kilogram, Wari dan Budiono Ditangkap Polisi

Kompas.com - 25/08/2016, 18:19 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Wari, warga Desa Oro-oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, mendekam di sel tahanan.

Pria berusia 50 tahun itu terbukti telah mencuri mangga bersama seorang temannya, Budiono pada Kamis (21/07/2016) lalu di kebun milik Sakur (56), seorang petani mangga asal Sidowayah, Kecamatan Beji.

Kasubag Humas Polres Pasuruan, AKP Yusuf menjelaskan, Wari ditangkap pada Selasa (23/08/2016) dini hari sekitar pukul 00.15 WIB di rumahnya. Ketika itu, Wari sedang istirahat malam. Sementara Budiono, rekan Wari, sudah ditangkap terlebih dahulu.

Dalam melakukan aksinya, kedua pelaku berbagi peran. Wari bertugas memetik mangga dengan menggunakan jala, sedangkan Budiono yang mengumpulkan mangga dan menaruhnya ke dalam karung.

"Pelaku berbagi peran, Wari berperan sebagai eksekutor, yang memetik mangga dengan galah. Sementara, Budiono berperan memasukkan mangga yang sudah dipetik ke dalam karung," kata Yusuf melalui pesan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/8/2016).

Ada 130 kilogram mangga yang dipetik oleh kedua pelaku. Keduanya lantas membawa kabur mangga itu dengan menggunakan kendaraan niaga bernomor polisi L 9156 GP.

Aksi pencurian itu lantas diketahui oleh korban saat kedua pelaku hendak membawanya ke tengkulak untuk dijual.

Korban lalu melapor ke polsek setempat. Tidak lama laporan itu dibuat, pelaku atas nama Budiono ditangkap, kemudian disusul Wari.

"Karena perbuatannya itu, pelaku harus menyusul temannya di penjara, dengan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancamannya maksimal tujuh tahun penjara," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com