Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diburu Warga Masak Musim Haji, Elpiji 3 Kg di Tasik Langka

Kompas.com - 23/08/2016, 11:22 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Persediaan elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai susah dicari. Di beberapa wilayah kelangkaan gas terjadi sejak sepekan terakhir ini.

"Memang saya mendapatkan laporan terjadi kelangkaan gas di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya sejak seminggu ini. Langka gas akibat banyaknya penggunaan gas untuk keperluan haji kemarin. Sedangkan stok kemarin memang normal belum ada tambahan," kata Ketua Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Tasikmalaya, Wawan Suganda, di kantornya pada Selasa (23/8/2016).

Wawan menyebutkan pihaknya tidak menyangka persedian akan kurang selama musim haji ini. Pasalnya, tahun sebelumnya tak pernah terjadi kelangkaan seperti ini saat musim haji.

Namun demikian, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk mendapatkan stok tambahan.

"Sudah ke Pertamina, kita masih nunggu. Biasanya Pertamina langsung respons cepat dengan kondisi seperti ini," kata dia.

Sementara itu, Jajang Nuryaman (56), salah seorang pemilik warung di wilayah Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, mengaku sejak delapan hari ini tidak mendapatkan kiriman gas 3 kilogram. Padahal, sebelumnya pengiriman gas selalu normal dan tidak ada kendala.

Saat dirinya bertanya ke sopir pengirim gas, menurut mereka persediaan di agen-agen dan pangkalan berkurang dan memang tidak seluruh pengecer mendapatkan gas.

"Katanya dipilih-pilih. Stok kurang jadi enggak kebagian. Ada sedikit beli di pasar tapi harga lebih mahal dan dibawa ke warung lagsung habis. Saya berharap gas bisa normal lagi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com