Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Warga Perbatasan Peringati Hari Kemerdekaan...

Kompas.com - 15/08/2016, 21:44 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Suhu di wilayah perbatasan Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, siang ini mencapai 33 derajat Celcius. Namun, panas menyengat tak menyurutkan semangat ratusan tim peserta gerak jalan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan RI.

Para peserta gerak jalan ini menempuh jarak lima kilometer dengan bersemangat meski beberapa peserta terpaksa diangkut ambulans karena tak kuat menahan terik.

Sebagian peserta bahkan menampilkan atraksi buka dan tutup barisan di tengah jalan raya yang menjadi rute gerak jalan dan disaksikan ribuan warga Sebatik di sepanjang jalan.

Selain menampilkan keterampilan olah gerak dalam baris-berbaris, peserta dengan mayoritas siswa sekolah juga menampilkan beberapa keunikan kostum. Ada yang mengenakan batik ala pramugari, ada pula yang memakai kostum pejuang.

Salah satu tim peserta berasal dari Madrasah Ibtidaiyah Sebatik. Para anggotanya menggenggam bambu runcing lengkap denga topi caping ala pejuang kemerdekaan.

"Biar unik dan biar bisa memperlihatkan semangat perjuangan '45 karena kami semangat memperingati HUT ke-71 RI ini," kata Ihsan, salah satu peserta, Senin (14/08/2016).

Warga setempat menyambut Agustusan dengan memasang bendera ataupun umbul-umbul di sekitar kediaman mereka. Warga juga memasang bendera di mobil dan motor mereka.

"Setiap tahun ya memang begini kami memperingati HUT RI. Menggelar lomba gerak jalan dan memasang bendera baik di rumah, di mobil maupun di motor. Itu berarti kami di perbatasan cinta NKRI," ujar Zainudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com