Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Akan Dilakukan Polda Jateng Cegah Kemacetan Saat Arus Balik di Brexit

Kompas.com - 09/07/2016, 07:47 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Kemacetan parah di Tol Pejagan-Brebes Timur pada arus mudik lalu membuat polisi dan dinas terkait memutar otak.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono akan menyiapkan sejumlah antisipasi kemacetan pada saat arus balik nanti.

"Sebetulnya jalan pantura itu lengang dan jalur selatan juga lengang, dan yang jadi sebab macet, pengendara memilih melintas di jalan tol meskipun tujuannya sama sama ke selatan," kata Condro kepada wartawan, Jumat (8/7/2016). 

"Jadi nanti kami akan minta untuk yang dari selatan lewat jalur selatan dan di Pantura akan kami terapkan sistem contra-flow, yaitu tiga arah untuk yang dari timur dan satu arah untuk yang dari barat," lanjut dia.

Lalu, tambah Condro, apabila ada kemacetan di Tol Brebes Timur, maka semua pintu masuk dari arah timur akan dibuka. Menurut dia, hal tersebut akan dilakukan untuk pintu masuk tol dari Brebes Barat dan Pejagan dengan memfungsikan seluruh puntu masuk dari timur menuju Jakarta atau Jawa Barat.

Untuk arah dari Jakarta, apabila seluruh pintu masuk tol digunakan untuk arah timur, maka akan diarahkan ke pintu tol Kanci.

"Saat ini di Brebes Barat dan Timur ada tiga pintu masuk untuk arah timur dan dua untuk arah barat, lalu di Pejagan ada empat pintu masuk sudah digunakan untuk arah dari timur," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com