Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Helikopter Jatuh, Warga Ramai-ramai Larikan Korban ke RS

Kompas.com - 09/07/2016, 07:12 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Peristiwa jatuhnya helikopter pada Jumat (8/7/2016) sore serentak mengagetkan warga Dusun Koang, Rt 01/Rw 01, Kelurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman.

Warga sempat keluar rumah menyelamatkan diri dan sebagian berinisiatif mengevakuasi penumpang helikopter yang terluka dan membawanya ke rumah sakit.

Aris Karyawan (53), salah salah warga di lokasi kejadian menceritakan, saat kejadian, ia mendengar suara gemuruh. Ia dan warga lainnya pun berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

"Saya keluar rumah, ternyata warga juga sudah di luar menyelamatkan diri," ujar Aris saat ditemui Kompas.com di lokasi kejadian, Jumat.

Aris menyampaikan, saat di luar rumah, warga baru mengetahui bahwa suara gemuruh dan benturan keras itu berasal dari jatuhnya helikopter di belakang rumah Suparno (49) dan Felix Heru Purwanto (54).

Setelah mengetahui ada helikopter jatuh, beberapa warga langsung berlari menuju lokasi kejadian. Tanpa berpikir panjang, warga lantas bersama-sama menolong para penumpang yang ada di dalam helikopter.

"Setahu saya tadi ada enam, lima laki-laki satu perempuan. Saya dan warga menolong tiga orang," ujarnya.

Tiga korban dibawa warga dengan mobil pribadi menuju Rumah Sakit Bhayangkara. Sedangkan tiga korban lainya dibawa dengan menggunakan ambulans.

"Mobil ambulans datang dan membawa tiga korban lainnya ke rumah sakit," jelas Aris.

Sementara itu, Andika Putra Suparno (49) yang belakang rumahnya rusak karena helkopter jatuh menambahkan, saat kejadian, ibunya, Sugiarti masih berada di dalam rumah. Ibunya melihat langsung helikopter jatuh di belakang rumahnya.

"Ibu saya masih di dalam rumah di belakang. Ya, tadi sempat shock, trauma," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu helikopter milik TNI AD mengalami kecelakaan dan jatuh di permukiman warga di Dusun Koang, Rt 01/Rw 01, Kelurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Jumat (8/7/2016) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dua kru dan satu penumpang sipil meninggal dalam kecelakaan itu. Selain itu, kejadian tersebut menyebabkan dua rumah warga mengalami rusak karena tertimpa helikopter. 

Baca juga: TNI AD Pastikan Dua Kru dan Seorang Penumpang Sipil Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com