Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jera Terjebak Macet Berjam-jam Saat Mudik, Mereka Memilih Pulang Lebih Awal

Kompas.com - 08/07/2016, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Arus balik pemudik yang menggunakan sepeda motor sudah berlangsung. Di sepanjang jalan Kalimalang, perbatasan Bekasi dengan Jakarta, Jumat (8/6/2016) siang sekitar pukul 11.00 WIB, sekelompok orang terlihat berhenti melepas lelah dan makan siang atau mengisi bahan bakar.

Satu kelompok pemudik memarkirkan roda duanya di sebuah minimarket di depan Musola Al Muqarobin, Kalimalang. Ada tulisan "Tegal" pada sehelai kain berwarna hitam yang diikatkan pada sebatang bambu di motor Kawasaki Ninja 250R berwarna hijau. Delapan motor berjejer parkir di depan minimarket tersebut.

Di jalanan dekat simpang DI Panjaitan, ada pula kelompok asal Pemalang. Sekitar sepuluh sepeda motor bebek Honda New Revo FI terparkir. Sebagian memesan dan menyantap mie ayam, sebagian lagi memilih beristirahat melepas lelah.

Sutris (35) asyik menyantap mie ayam milik Topo. Dia dan rekan-rekannya baru saja tiba di Jakarta dari Pemalang.

Mereka memutuskan pulang ke Jakarta lebih awal karena jera terjebak macet luar biasa kala mudik ke kampung halaman. Saat mudik, mereka butuh waktu lebih dari 30 jam untuk tiba Pemalang.

"Sungguh sangat luar biasa macetnya. Ndak bisa jalan blass. Kasihan ada rekan yang bawa anak kecil," kenang warga Pesing itu.

(Baca juga: "Ini Luar Biasa Macetnya, Ini Mudik Paling Parah")

Karena pengalaman pahit itu, Sutris dan teman-temannya enggan mengulang kisah yang sama saat hendak pulang ke Jakarta dan memutuskan pulang lebih cepat.

"Kami sudah ampun. Jera deh kalau balik ke Jakarta ketemu macet kayak kemarin lagi. Kami pilih pulang lebih awal, biar tidak kena macet lagi. Alhamdulilah, lancar dan kami bisa sampai sekarang," ucapnya.

Pihak kepolisian memprediksi arus balik para pemudik akan dimulai sejak Jumat sore ini hingga Minggu malam nanti. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengimbau para pemudik sepeda motor agar tetap berhati-hati saat arus balik.

"Pemudik motor harap selalu hati-hati dalam perjalanan. Kalau sudah memasuki Bekasi lalu Jakarta, apabila lelah jangan dipaksakan meskipun sudah dekat rumah," kata Awi.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Jumat (8/7/2016), dengan judul: Jera Kena Macet, Pemudik Pemalang Pilih Balik Lebih Awal

 

Kompas TV Ini Simpul Kemacetan di Brebes Timur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com