Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ini Mudik Paling Melelahkan..."

Kompas.com - 05/07/2016, 06:59 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Kemacetan musim mudik tahun ini terbilang paling parah dan melelahkan dibanding tahun sebelumnya.

Selain macet total selama puluhan jam, terutama di Tol Pejagan, Brebes, pemudik juga kehabisan bahan bakar minyak (BBM). Mereka juga dilanda kelaparan karena minim penjual makanan di jalur itu.

"Tiap satu kilometer sebelum SPBU pasti sudah macet. Bahkan banyak calo memperdagangkan bensin secara jemput bola kepada tiap pengemudi," ujar Dana Widananto, pemudik dari Cirebon tujuan Solo, ketika dijumpai Tribun Jateng di rest area pintu Tol Bawen, Senin (4/7/2016) jelang malam.

Ia tak mengetahui harga bensin per liter yang dijual para calo itu. Pun sempat ditawari, Dana menolak menanyakan harga per liternya. Ia hanya menduga, selisih harga bensin eceran itu capai 100 persen dari harga normal.

Selain terkait bensin, Dana pula mengeluhkan ketersediaan toilet selama terjebak kemacetan di Pejagan, Brebes.

"Terpaksa mengontrol minuman supaya tidak lekas merasa kebelet pipis," imbuhnya.

Dana merasa arus kendaraan mulai lancar saat masuk pintu tol Banyumanik, Semarang. Ia menuturkan, lama perjalanannya dari Cirebon hingga Ungaran 35 jam.

Ia berangkat dari Cirebon pada hari Minggu (3/7/2016) pukul 06.00 WIB, tiba di Ungaran hari Senin (4/7/2016) pukul 16.00 WIB.

"Ini mau lanjut ke Solo, ini mudik paling melelahkan," ucapnya kemudian berpamitan.

Baca juga: Tol Brebes Timur Jadi "Neraka" Pemudik, Ini Dia Penyebabnya....

Secara terpisah, Senior Supervisor Trans Marga Jateng Imam Zarkasih memastikan puncak arus mudik di gerbang tol Banyumanik dan Bawen bukan H-3.

Berdasarkan data yang ia miliki, jumlah transaksi kendaraan pada H-3 kemarin mencapai 78.000 unit, sedangkan data pada H-4, jumlah transaksi mencapai 81.822 unit. Sementara pada H-5 mencapai 84.808 unit atau tertinggi sementara.

"Ini merupakan imbas dari terhambatnya arus kendaraan di Tegal maupun Brebes. Volume kendaraan dari Brebes kami prediksi sampai Ungaran baru malam ini," paparnya.

Sementara itu, volume kendaraan dari arah Semarang-Bawen di Gerbang Tol Bawen lancar, Senin (4/7/2016) jelang malam hari. Kendaraan didominasi mobil berpelat luar Jawa Tengah. Jarak antrean mobil dengan gardu tol masih normal, sekitar 10 deret mobil ke belakang.

Kompas TV Pemudik Brexit Darurat BBM

Berita ini sudah tayang di Tribun Jateng Senin, 4 Juli 2016 dengan judul Ini Mudik Paling Melelahkan, Waktu Tempuh dari Cirebon ke Ungaran 35 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com