Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Bertambah, Kemacetan Terjadi di Jalur Masuk Kota Solo

Kompas.com - 03/07/2016, 21:09 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Arus mudik menuju Kota Solo, Jawa Tengah, mulai terlihat pada hari ketiga jelang Idul Fitri 1437 Hijriah. Salah satunya di pertigaan Ngasem, Kartasura, Sukoharjo.

Di persimpangan menuju ke Solo dan Sragen itu terjadi kemacetan sejauh kurang lebih 8 kilometer, Minggu (3/7/2016).

Di dalam Kota Solo, peningkatan jumlah kendaraan juga mengalami peningkatan tajam. Tercatat kurang lebih 570.180 kendaraan masuk dan keluar Kota Solo.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kota Solo Yosca Herman Sudrajat mengatakan, angka tersebut jumlah kendaraan yang tercatat pada hari Sabtu (2/7/2016). Jumlah tersebut sangat dimungkinkan mengalami kenaikan pada hari ini.

"Kemarin kita catat kendaraan yang keluar 267.220 dan yang masuk 302.960. Kemungkinan akan bertambah karena sejumlah perusahaan telah meliburkan karyawannya," kata Yosca, Minggu.

Kemacetan lalu lintas di pertigaan Ngasem terjadi karena lokasi tersebut merupakan persimpangan bagi kendaraan yang hendak masuk ke Tol Solo-Kertosono, pintu masuk Klodran, dan menuju ke Kota Solo. Pengendara di jalur utama Semarang-Boyolali-Solo tersebut harus bersabar menunggu antrean.

Kepala Satuan Lalu Lntas Polres Boyolali Ajun Komisaris Polisi Yuna Ahadiyah mengatakan, dalam lima menit tercatat 500 kendaraan melintas Kota Boyolali menuju arah Solo.

"Peningkatan terjadi pada hari Minggu ini, sekitar 500 kendaraan melintas dalam waktu 5 menit, jadi satu menit sekitar 100 kendaraan, khususnya roda empat," kata Yuna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com