Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil Melahirkan di Dalam Mobil di Samping Pos Pengamanan Mudik

Kompas.com - 03/07/2016, 18:37 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Seorang ibu hamil melahirkan di pos pengamanan (Pos Pam) V di Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Minggu (3/7/2016).

Kepala Pos Pam V Polres Simalungun, Ipda JW Saragih menceritakan, mulanya satu unit mobil APV mendatangi Pos Pam V, meminta pertolongan karena seorang ibu hendak melahirkan.

"Saat itu tiba-tiba satu unit mobil APV mendatangi Pos Pam kemudian si pengemudi meminta tolong ada seorang ibu yang dibawanya hendak melahirkan dan sudah pecah ketuban," kata Saragih di pos pam di Dolok Panribuan, Minggu.

Saragih bersama personel lainnya termasuk pihak Dinas Kesehatan Kemkab Simalungun langsung bertindak cepat memberikan pertolongan untuk membantu persalinan.

Saragih mengakui, para petugas yang ada di Pos Pam sedikit kelabakan menghadapi proses persalinan itu.

"Peristiwa itu tak pernah terpikirkan. Karena seandainya tak ada bantuan medis, mustahil kami melakukan persalinan," akunya.

Persalinan berlangsung lancar yang dilakukan di dalam mobil, persisnya di samping Pos Pam V Dolok Panribuan.

Bayi dan ibunya kemudian langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pertolongan dan perawatan lebih lanjut.

“Menurut keluarga, mereka bermaksud akan membawa ibu tersebut ke salah satu rumah sakit yang ada di Pematangsiantar. Namun berhubung si ibu sudah tidak sanggup lagi menahan dan juga kepala bayi pun sudah mulai terlihat serta mengingat jarak tempuh juga masih jauh maka mereka nekat memutuskan untuk meminta bantuan ke Pos Pam,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com