Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Truk Sepeda Motor Peserta Mudik Gratis Tiba di Solo

Kompas.com - 01/07/2016, 14:54 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Sebanyak lima truk pengangkut sepeda motor milik pemudik telah tiba di Kota Solo, di halaman parkir Terminal Tirtonadi Solo, pada hari Jumat (1/7/2016).

Motor-motor tersebut adalah milik para pemudik yang mengikuti program mudik motor gratis dari Dinas Perhubungan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya selama mudik.

Para pemudik yang menggunakan angkutan umum yang disediakan secara gratis akan mengambil sepeda motor miliknya yang diangkut menggunakan truk oleh Dinas Perhubungan.

"Ini sudah datang lima truk, nanti akan datang lagi," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad.

Satu truk mampu mengangkut 50 unit sepeda motor dan akan ada 28 truk yang akan datang secara bertahap," tambah Yosca.

Selain itu, para pemudik juga diangkut secara gratis menggunakan bus, dan akan tiba di Terminal Tirtonadi, Solo.

"Pemudiknya akan tiba di Solo kalau tidak Jumat ya Sabtu, penumpang mudik gratis akan diturunkan di Solo kemudian meneruskan perjalanan ke tujuan masing masing dengan sepeda motor," katanya.

(Baca juga: Jonan: Kalau Saya Mudik, Mungkin Naik Motor Juga)

Selain warga Solo, ada juga pemudik yang berasal dari wilayah Kabupaten sekitar Solo seperti Blora, Grobogan, Ngawi, Magetan dan Pacitan. Herman juga menjelaskan adanya peningkatan jumlah pemudik gratis tujuan Kota Solo.

"Tahun lalu kami sediakan 12 truk, sekarang 28 truk," katanya.

Seperti diketahui, program mudik gratis tersebut untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pemudik dan Kota Solo menjadi tujuannya karena Kota Solo menjadi kota transit sebelum melanjutkan ke daerah Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur.

(Baca juga: Ridwan Kamil: Jangan Mudik Naik Motor, Naik Kereta Api Saja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com