Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Hindari Macet Saat Mudik, Bayar Tol Sebaiknya Kurang dari 8 Detik

Kompas.com - 09/06/2016, 18:34 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, kemacetan lalu lintas di jalan tol pada saat mudik dan balik tahun ini diperkirakan akan dipengaruhi oleh waktu pembayaran tol.

Untuk itu, pengelola jalan tol diminta menyiapkan cara agar pembayaran tol ini lebih efisien.

Kepala Polda Jawa Barat Irjen (Pol) Bambang Waskito mengatakan, untuk mengurangi beban kemacetan di jalan tol, setiap pengendara diestimasikan memiliki waktu pembayaran tidak lebih dari 10 detik.

"Pihak tol sudah menyiapkan segalanya dan juga mengefisienkan pembayaran. Diprediksi, pembayaran setiap kendaraan itu 8 detik supaya tidak terjadi antrean kendaraan yang lama dan panjang," kata Bambang di sela-sela Rapat Koordinasi Operasi Ramadaniya 2016 di Kota Bandung, Kamis (9/6/2016).

Ia mengimbau kepada pemudik untuk membayar tol dengan uang pas. Hal ini akan membantu estimasi waktu saat membayar di pintu tol.

Bambang juga menganjurkan agar pemudik beristirahat maksimal 30 menit agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di area tersebut.

Selain itu, untuk menghindari kemacetan, kendaraan pengangkut barang dilarang beroperasi terhitung lima hari sebelum dan setelah Lebaran nanti. Ada pengecualian untuk kendaraan pengangkut barang ini, yakni hanya truk pengangkut bahan bakar minyak dan bahan pokok yang tetap diperbolehkan beroperasi.

Dalam Rakor Operasi Ramadaniya 2016 hari ini,telah  dipetakan bahwa ada beberapa lokasi kemacetan serta perbaikan jalan di jalur mudik. Agar tidak ada kemacetan, semua pengerjaan jalan dihentikan tujuh hari sebelum Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com