Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Mahal, Ayam Beku di Pasar Mardika Ambon Jadi Rebutan Warga

Kompas.com - 05/06/2016, 23:29 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Meski harganya terlampau tinggi, warga di kota Ambon tetap berebutan untuk membeli ayam beku di pasar Mardika, Ambon, menjelang H-1 Ramadhan 1437 Hijriah.

Pantauan Kompas.com di salah satu agen penjualan ayam beku di pasar tersebut, Minggu (5/6/2016), warga tampak berdesakan membeli ayam beku untuk hidangan sahur. Warga mengaku meski agak mahal namun karena untuk kebutuhan sahur mereka tetap membeli.

“Harganya memang agak naik dibanding beberapa hari sebelumnya, namun kita tetap beli saja,” ujar Maryam, salah seorang ibu rumah tangga.

Awal, salah satu karyawan UD Rizki Wabula yang menjadi agen penjual ayam beku di Ambon mengaku, permintaan ayam dari masyarakat pada H-1 menjelang puasa sangat tinggi. Dia mengatakan hingga Minggu petang ini sudah 28 karung ayam yang laku terjual.

“Sangat tinggi permintaan warga, sudah 28 karung yang terjual, kalau 1 karung itu isinya 43 ekor ayam beku,” katanya.

Di UD Rizki ini ayam beku dijual dengan harga Rp 40.000 per kilogram, sementara di sejumlah tempat lain, ayam beku bahkan ada yang dijual hingga mencapai Rp 45.000 per kilogram.

“Kalau kita di sini Rp 40.000, kita tidak tahu yang lain,” ujarnya. Sementara untuk ayam potong, para pedagang menjual dengan harga bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

Sedangkan untuk ayam kampung dijual dengan harga hingga Rp 120.000 per ekor. “Harganya bervariasi mas, kalau ayam potong itu di sini Rp 55.000 per ekor, ada juga yang jual Rp 60.000, sedangkan untuk ayam kampung itu Rp 120.000 per ekor,” ujar Sri, salah satu pedagang lainnya.

Dia mengaku, meski mengalami sedikit kenaikan harga namun warga tetap datang untuk membeli. "Kalau keuntungan mungkin dua kali lipat karena banyak permintaan dari warga yang membeli untuk persiapan sahur,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com