Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, NTT Siap Pasok Sapi ke Pulau Jawa

Kompas.com - 30/05/2016, 08:43 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Jelang Ramadhan 1437 Hijriah, peternak sapi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap memasok sapi lokal ke Pulau Jawa.

PT Bumitirta, salah satu perusahaan penyedia sapi lokal terbesar di wilayah itu, menyatakan, siap memasok sapi ke sapi ke DKI Jakarta sesuai dengan kontrak kerja, maupun permintaan pasar.

Direktur PT Bumitirta Buce Frans kepada sejumlah wartawan, Minggu (29/5/2016) mengatakan, pihaknya telah menyediakan 100 ekor untuk diangkut menggunakan kapal Camara Nusantara I yang merupakan bantuan Presiden Joko Widodo.

"Kami dikasih tiap trip itu 100 ekor, karena kami kan termasuk pioner atau perintis. Sekarang kapalnya lagi muat 100 ekor dan sudah berada di Cirebon, nanti besok pagi sudah masuk Jakarta. Setelah bongkar, rencananya tanggal 2 atau 3 Juni sudah balik kembali ke Kupang untuk muat lagi 100 ekor,” kata Buce.

Menurut dia,  perusahaannya itu mematok harga sapi hidup dengan bobot dibawah 300 kilogram, dipatok dengan harga Rp 30.000, sedangkan bobot di atas 300 kilogram dipatok dengan harga Rp 34.000 perkilogramnya.

Untuk diketahui, PT Bumitirta merupakan salah satu perusahaan ternak sapi di Kupang, yang dipercayakan dua perusahaan Jakarta yang ditunjuk pemerintah pusat, untuk memasok sapi sesuai penandatanagan MoU bidang ternak antara Pemerintah Provinsi NTT dan DKI Jakarata.

Dalam sebulan, perusahaan itu memasok sapi hidup sebanyak 500 sampai 600 ekor ke DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com