Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Tugu Letda Sujono Kini, Kotor dan Ditumbuhi Semak

Kompas.com - 09/05/2016, 11:31 WIB

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Tugu Letda Sujono di Perkebunan PTPN III, Kebun Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, terlihat kotor dan ditumbuhi semak saat disambangi, Minggu (8/5/2016).

Tempat ini menjadi lokasi foto sejumlah remaja dengan pose menduduki kepala patung pahlawan. Foto ini beredar secara viral di jejaring sosial Facebook beberapa hari belakangan.

Tak hanya kotor, sejumlah patung sudah rusak. Tangan kiri patung Jendral Ahmad Yani yang ada di tugu ini patah. Jari telunjuk tangan kanannya juga patah. Sementara itu, tangan patung Letda Sujono sebelah kanan juga patah.

Paiman, warga sekitar tugu yang biasa berolahraga di kawasan ini, menuturkan bahwa biasanya pada hari Minggu, lokasi tugu tersebut tetap ramai dikunjungi oleh masyarakat.

"Biasanya ramai ini dikunjungi orang. Ada yang pacaran, ada yang olahraga, ada yang cuma mau foto-foto. Tapi yang jelas ramailah," ujar Paiman.

Paiman mengatakan, kondisi lokasi tugu tersebut memang kotor karena hanya dibersihkan saat menjelang Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober setiap tahun.

"Kalau mau upacara 1 Oktober ini dibersihkan setiap tahunnya. Patungnya yang rusak itu dipoles, jari telunjuk yang patah nanti disemen ulang, tapi setelah itu, kayak ginilah kondisinya, tangannya patah dan jarinya hilang," ujarnya.

Pada Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun, lanjut Paiman, tempat ini dipakai sebagai lokasi upacara yang dihadiri oleh pejabat baik dari Kabupaten Simalungun maupun Pejabat dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

"Tahun lalu upacaranya dihadiri sama Pak Tengku Erry. Memang pejabat-pejabatlah yang datang. Pangdam pun datang," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, pemilik akun Fani mengunggah foto-foto sejumlah remaja duduk di atas patung pahlawan pada akun Facebook-nya tertanggal 26 April.

"sungguh tidak punya otak dan moral manusia seperti ini,..MOHON DI SHARE AGAR MEREKA DI TANGKAP OLEH PIHAK YG BERWAJIB," tulis Fani, Sabtu (7/5/2016).

(Baca juga: Foto Remaja Duduk di Atas Kepala Patung Pahlawan Beredar di Facebook)

Ismed Banda (18), seorang pemuda yang diduga berpose duduk di atas kepala patung pahlawan itu, telah diamankan oleh satuan Koramil setempat.

(Baca juga: Seorang Pemuda yang Diduga Duduki Kepala Patung Pahlawan Diamankan)

Letda Sujono yang bertugas sebagai anggota pengamanan Perusahaan Perkebunan Karet Negara IX Bandar Betsy gugur saat mempertahankan areal kebun dari upaya perebutan paksa oleh massa Barisan Tani Indonesia (BTI) yang merupakan organisasi sayap Partai Komunis Indonesia (PKI).

Letda Sujono kala itu anggota TNI berpangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu). Peristiwa yang terjadi pada 14 Mei 1965 itu dikenal dengan nama “Peristiwa Bandar Betsy”.

 

Berita ini telah tayang di Tribun Medan, Minggu (8/5/2016), dengan judul: Tugu Letda Sujono yang Dipijak dan Diduduki Remaja-remaja Tak Terurus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com