Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praktik Kerja di Kantor Bupati, Pelajar SMK Dipergoki Asyik Merokok

Kompas.com - 08/04/2016, 05:42 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ditugaskan pihak sekolah untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di kantor Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, dipergoki sedang merokok oleh Satpol PP, Kamis (7/4/2016) siang tadi.

Para pelajar itu berasal dari SMK Eglesia Desa Akediri dan SMK Bina Insani, Desa Hoku-hoku, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat.

Petugas Satpol PP menaruh curiga karena salah satu ruangan kosong di lantai II kantor Pemkab Halmahera Barat selama ini tidak ada yang menempatinya, namun secara tiba-tiba Kamis siang terdengar suara dari dalam ruangan. Satpol PP mensinyalir, para pelajar itu mencoba melakukan perbuatan tak senonoh di dalam ruangan itu.

"Saya penasaran dengan ruangan kosong lantai dua itu terdengar bunyi, kemudian saya naik untuk melihatnya langsung. Padahal, sampai di atas ada pelajar yang saling tarik-menarik di dalam, sementara yang lainnya santai mengisap rokok," kata Latumakulita, anggota Satpol PP Pemkab Halmahera Barat.

Saat dipergoki, beberapa siswi melarikan diri, yang tersisa di dalam hanya lima orang siswa. Kelima pelajar itu kemudian dibawa ke kantor Satpol PP.

Dari hasil diinterogasi, para pelajar itu mengaku mereka berada di dalam ruangan kosong itu hanya untuk mencari jaringan wifi.

"Di dalam hanya duduk-duduk saja sambil cari jaringan untuk internetan. Tapi yang lain ada yang mengisap rokok,” kata salah satu pelajar.

Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Barat Soni Baldjai saat dihubungi mengaku pihak Diknas akan melayangkan surat resmi kepada masing-masing sekolah untuk memberikan sanksi kepada para pelajar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com