Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ladang Ganja Ditutup Tanaman Ubi untuk Kelabui Aparat

Kompas.com - 31/03/2016, 18:58 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

KEEROM, KOMPAS.com - 12 aparat TNI Angkatan Darat dari Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 406/CK Pos Kalimao menemukan ladang ganja di Dusun Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Kamis (31/3/2016) pukul 06.35 WIT.

Lokasi penemuan ladang ganja sengaja ditutupi dengan tanaman ubi dan pohon pisang untuk mengelabui aparat keamanan.

Letda Inf Buyung selaku pimpinan Pos Kalimao mengatakan, total pohon ganja yang ditemukan di ladang tersebut sebanyak 38 pohon.

"Puluhan tanaman ganja yang ditemukan di ladang itu setinggi satu hingga dua meter," kata Buyung.

Ia menjelaskan, penemuan ladang ini berdasarkan laporan warga setempat yang merasa heran karena ada ganja di tempat mereka.

"Mereka mencurigai adanya pohon ganja yang tak biasa ditanam di tempat itu. Saat ini seluruh barang bukti telah diamankan di Pos Kalimao," tambah Buyung.

Dandrem 172/Praja Wira Yakti Kolonel Inf Sugiyono menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas upaya aparat Satgas Pamtas yang memerangi narkoba di daerah perbatasan.

"Temuan ini adalah wujud kepercayaan masyarakat di daerah perbatasan kepada anggota TNI. Buktinya mereka mau melaporkan temuan ladang ganja yang dianggap dapat menganggu keamanan di daerahnya," tegas Dandrem.

Sebelumnya, aparat Polres Keerom juga menemukan tiga ladang ganja di Kampung Banda, Distrik Waris pada Selasa (29/3/2016). Total sebanyak 255 pohon ganja di tiga tempat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com