Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunuh Diri, Siswi SMU Minum Racun Rumput di Sekolah

Kompas.com - 29/03/2016, 10:01 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Seorang siswi SMU Negeri 3 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra), berinisial AR (16) tewas setelah bunuh diri dengan meminum racun rumput di kamar mandi sekolahnya.

Korban sempat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Andoolo, namun ia menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 17.00 Wita, Senin (28/3/2016) kemarin.

Kepala Sektor (Kapolsek) Lainea, Inspektur Satu (Iptu) Ismail mengatakan, korban sempat sadar sesaat sebelum meninggal.

"Korban dirawat di puskesmas Punggaluku setelah dilarikan dari sekolahnya akibat minum racun rumput, oleh pihak puskesmas korban dirujuk ke rumah sakit daerah. Pas sore kemarin korban meninggal di rumah sakit setelah mendapat perawatan intensif," ungkap Kapolsek Lainea dihubungi, Selasa (29/3/2016).

Pihaknya menduga korban nekat bunuh diri dengan cara meminum racun rumput akibat permasalah keluarga.

"Motif sementara yang kami peroleh, korban meminum racun rumput jenis Noxon akibat permasalahan keluarga. Diketahui selama sekolah korban tinggal di rumah tantenya di Palangga berpisah dengan orangtuanya," katanya.

Saat ini, lanjut Ismail, pihaknya akan meminta keterangan beberapa rekan korban termasuk guru di SMAN 3 Konsel.

"Racun rumput dalam botol aqua sedang itu tersisa seperempat kita sita, ada juga gunting, pisau dan obat pelangsing serta tas ransel korban kita sita sebagai barang bukti," ujarnya.

Ismail menuturkan, percobaan bunuh diri siswi SMUN 3 Konawe Selatan itu terjadi sebelum pelajaran dimulai. Awalnya, sekitar pukul 07.00 Wita korban menangis di dalam kelas II jurusan IPS.

"Kemudian korban berlari menuju kamar mandi dengan membawa tas ransel miliknya, setengah jam kemudian korban ditemukan oleh siswa lainnya dalam kondisi lemas dan tidak sadarkan diri tepat di depan kamar mandi sekolahnya," ujarnya,

Siswi kelas II SMUN 3 Konsel itu langsung digotong ke ruangan guru, kemudian dilarikan ke Puskesmas Punggaluku.

Beberapa orang guru memeriksa tas korban dan ditemukan sejumlah barang-barang yakni, racun rumput jenis Noxon, gunting, pisau dapur, tali pinggang, dan obat pelangsing sebanyak 18 butir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com