Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden di Jogja Air Show Murni Kecelakaan

Kompas.com - 26/03/2016, 16:29 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Penanggung jawab penerjunan Jogja Air Show (JAS) Hendro Satrio menambahkan, kejadian yang menimpa Wica Milanti Ayuningtyas murni kecelakaan.

Sebab, Wica telah melakukan prosedur pendaratan di air, namun saat melepas payung utama, dia justru mendarat tepat di puncak gulungan ombak.

"Wica sudah mendapat training soal water jump. Dia juga sudah melakukan sesuai prosedur, hanya tepat jatuh di puncak gelombang. Ini murni kecelakaan," ucap Hendro di Yogyakarta, Sabtu (26/3/2016).

Dia menuturkan awalnya, target penerjunan berada di darat. Dari awal, sebenarnya Wica telah berada di jalur yang tepat, namun saat akan landing, ia terpisah.

"Semua berhasil mendarat di darat, hanya Wica yang terpisah. Apakah ada masalah Ini yang masih akan kita dalami," ucap Hendro.

Wica Milanti Ayuningtyas menjadi anggota FASI sejak 2006. Selama dua tahun terakhir ini, Wica mulai intens melakukan latihan untuk persiapan ajang Pra PON dan beberapa event lainya.

Namun, pada hari ini, Wica mendarat mendarat di laut sekitar 35 meter dari pantai Depok Bantul pada Sabtu (27/03/2016) pukul sekitar pukul 08.15 WIB. Nyawanya pun tak terselamatkan.

Komandan Landasan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Imran Baidirus menyampaikan pelaksanaan Jogja Air Show (JAS) dihentikan sementara untuk evakuasi, Sabtu (27/3/2016).

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pendalaman mengenai penyebab Wica Milanti Ayuningtyas mendarat 35 meter dari bibir pantai Depok Bantul.

"Dengan adanya insiden ini kita evaluasi, hari ini harusnya dua kali tapi yang kedua ini kita stop dulu. Event tetap berlangsung tetapi untuk besok kita lihat apakah penerjunan bisa dilaksanakan atau tidak," ujar Imran.

Imran menjelaskan, pemilihan lokasi di Pantai Depok, Bantul karena lokasi itu dinilai layak untuk aitivitas air show. Bahkan, cuaca saat penerjunan dilakukan pun sangat baik.

"Mba Wica cukup berpengalaman, dia atlit FASI DIY. Angin juga sangat bagus, sekitar 3 not," ucap dia.

Namun, karena ada insiden dalam acara ini, TNI akan melakukan pendalaman mengenai penyebab bergesernya pendaratan Wica Milanti Ayuningtyas yang mendarat 35 meter dari bibir Pantai Depok, Bantul.

"Kami akan dalami, kami akan lihat apakah ada kesalahan teknis atau seperti apa. Parasut kan jatuh ke air, kita akan lihat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com