Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Tahun Bandung Lautan Api, Kantor Ridwan Kamil "Membara"

Kompas.com - 23/03/2016, 21:02 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gedung Balai Kota Bandung yang menjadi kantor Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berubah menjadi merah, Rabu (23/3/2016) malam.

Kilatan cahaya merah dari lampu taman menutupi seluruh bangunan bergaya klasik itu. Sorotan lampu merah itu menjadi simbol peringatan aksi heroik masyarakat Bandung dalam melawan penjajahan Belanda.

Tepat pada 23 Maret 1946, masyarakat Bandung beramai-ramai membakar rumah mereka dan pergi menuju perbukitan di wilayah Bandung selatan, Jawa Barat.

Hal itu dilakukan agar Belanda tidak menempati Kota Kembang itu untuk dijadikan markas strategis militer. Peristiwa itu dikenal dengan Bandung Lautan Api.

Meski diguyur hujan lebat, peringatan 70 tahun kejadian itu berlangsung meriah. Sebanyak 5.000 pelajar dan warga terlibat dalam acara itu.

Para peserta tampak semangat meski pakaian mereka basah kuyup diguyur hujan. Dengan membawa obor, mereka tiba di Balai Kota Bandung setelah melakukan konvoi dengan berjalan kaki sepanjang 5 kilometer dari Taman Tegalega (monumen perjuangan Bandung Lautan Api).

Tak hanya itu, acara tersebut juga dimeriahkan dengan aksi parade serta serangkaian aktrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com