Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Terhadap Narkoba, Personel Denpom Tes Urine

Kompas.com - 23/03/2016, 09:10 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Seluruh personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/I Pematangsiantar akan melakukan tes urine di Mako Denpom Jalan Diponegoro, Pematangsiantar, Rabu (23/3).

Hal itu sebagai antisipasi merebaknya penyalahgunaan narkoba pada tubuh personel maupun PNS di lingkungan Denpom 1/I Pematangsiantar.

Komandan Denpom Pematangsiantar, Mayor CPM Sutrisno mengatakan, tes urine sebetulnya digelar secara mendadak dan itu sudah dilakukan sejak beberapa saat lalu di lima subden di bawah naungan Denpom Pematangsiantar.

"Untuk lima sub Denpom sudah dilakukan tes urine dan hasilnya negatif. Dan hari ini semua personel Denpom Siantar melakukan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional  Siantar," katanya, Rabu (23/3/2016).

Sementara itu, Kepala Seki Lidkrimdik Denpom Pematangsiantar, Kapten CPM Zulkarnain Panjaitan menambahkan, dilakukannya tes urine sesuai dengan instruksi dan perintah Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo tertanggal 27 Februari 2016 tentang pembersihan pengguna dan pengedar narkoba di lingkungan TNI yang akan dilakukan secara rutin.

Selain itu juga berdasarkan Surat Telegram Danrem 022/ PT nomor STR/193/II/2016 tanggal 24 Februari 2016, tentang mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang melibatkan oknum prajurit di lingkungan TNI AD.

Untuk personel yang nantinya dinyatakan positif terindikasi narkoba, sebut Zulkarnain, akan dilakukan tindakan tegas seperti yang diinstruksikan Panglima TNI.

"Sesuai intruksi sanksinya ada tiga, pertama dikeluarkan dari rumah dinas, kedua proses pemecatan dan ketiga rehabilitasi. Ini akan kita berlakukan kepada personel yang nantinya dinyatakan positif narkoba," kata Zulkarnain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com