Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ambil Kopi, Kakek Cacing Salah Minum Racun Serangga

Kompas.com - 22/02/2016, 21:19 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Maksud hati minum kopi dari botol yang dibawanya, seorang kakek di Pinrang, Sulawesi Selatan, justru menenggak racun dari botol yang bersebelahan dengan kopi tersebut. Kakek itu keracunan dan langsung dibawa ke rumah sakit.

Pengalaman pahit ini menimpa Kakek Cacing asal Desa Data, kecamatan Patampanua, Pinrang. Kakek yang biasa dipanggil Puang Cacing itu sudah terbiasa minum kopi kental kesukaannya.

Suatu pagi di awal bulan ini, pria berusia lebih dari 100 tahun itu bekerja menyiangi kebun cokelat dan pisang miliknya. Ia tak lupa membawa botol berisi kopi dan menempatkannya di tiang gubuk di kebunnya.

Setelah bekerja beberapa lama, ia merasa lelah dan kepanasan di tengah terik matahari. Ia pun beristirahat sejenak di gubuk untuk melepas dahaga.

Tanpa memeriksa sejumlah botol yang bergelantungan di gubuk itu, ia langsung mengambil salah satu botol yang dianggapnya berisi kopi.

Setelah membuka tutup botolnya, korban yang sedang kehausan langsung menenggak cairan dalam botol itu.

Botol itu ternyata berisi racun serangga. Seketika itu pula, ia merasa pusing dan muntah-muntah hingga tak sadarkan diri.

Untunglah sejumlah tetangga dekat kebunnya mengetahui kejadian itu dan langsung menolong korban. Korban langsung dibawa ke puskesmas terdekat dan akhirnya dirujuk ke RSUD Pinrang.

Berkat perawatan tenaga medis, kakek itu terselamatkan. Namun, meski dirawat selama lebih dari sepekan di rumah sakit, kondisinya belum sepenuhnya pulih. Seluruh badannya terasa seperti lumpuh akibat pengaruh racun.

Fatmawati, salah satu cucu kakek cacing yang menjenguk Puang Cacing di rumahnya belum lama ini, merasa bersyukur karena nyawa kakeknya terselamatkan. Menurut dia, kakeknya sangat menyukai kopi kental dan selalu membawanya saat bekerja di kebun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com