Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isma dan Anak-anak Diberi Rumah Kontrakan dan Dijamin Dapat Raskin

Kompas.com - 17/02/2016, 18:00 WIB
MEDAN, KOMPAS.com — Camat Medan Polonia, Aidal, mengatakan, pihaknya tidak sekadar menyuruh Isma Wanti, perempuan yang tinggal di kandang kambing bersama kedua anaknya, untuk pindah tanpa solusi. Mereka pun menyewakan rumah kontrakan bagi Isma dan anak-anaknya.

"Kemarin kami lagi sidang, ada Pak Eldin (Wali Kota Medan Dzulmi Eldin) juga. Dapat info, kami sikapi, kami cek, saya tanya satu per satu. Ini kami upayakan. Kami kontrakkan rumah buat Isma di Jalan Perjuangan. Barang sudah diangkat anggota. Kami akan proses KTP, KK, dan lainnya. Jadi, nanti akan secara kemanusiaan akan kami biayai," katanya, Selasa (16/2/2016).

(Baca juga: Setelah Diberitakan, Isma Disuruh Pindah dari Kandang Kambing)

Dia berjanji akan terus memantau dan memperhatikan Isma.

"Kami akan terus pantau, akan kami perhatikan untuk lanjutannya. Kami usahakan cari pekerjaan untuk dia. Dia berpindah-pindah ini. Saya dapat kabar tidak selama itu dia tinggal di sini. Enggak pula sampai enam tahun," katanya.

(Baca juga: Isma dan Dua Anaknya Sudah 6 Tahun Tinggal di Kandang Kambing)

Ketika dikonfirmasi terkait pernyataan Isma mengenai anaknya yang hendak dimasukkan ke panti asuhan, Aidal menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas sosial.

"Saya menyimpulkan, tadi dari dinas sosial juga sudah bicara. Kalau dia telantar, anaknya mau dimasukkan ke panti asuhan. Secara prosedural harus ditangani pemerintah, harus ke panti," ungkapnya.

Aidal mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami Isma. Dia mengatakan akan berbuat maksimal. Setelah mengontrakkan rumah untuk Isma, ia berjanji akan mencarikan kerja untuk Isma.

"Saya sedih, nanti kami bantu jugalah. Saya tidak dapat kabar masalah raskin itu. Katanya enggak dapat raskin ya? Nanti kami beri juga raskin. Anaknya akan kami periksa juga. Kalau kondisinya payah, akan dikasih obat," katanya.

Bantah mengusir

Tribun Medan/Ryan Achdiral Juskal Kepala Lingkungan VI Kelurahan Sarirejo Medan Polonia, Kliwon saat diwawancarai wartawan, Selasa (16/2/2016).

Sementara itu, Kepala Lingkungan VI Kelurahan Sarirejo Medan Polonia, Kliwon, membantah mengusir Isma dari kandang kambing. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan lurah dan camat untuk mengontrakkan rumah bagi Isma.

"Saya tidak mengusir. Kami tidak begitu. Dia pun tidak enam tahun tinggal di sini. Baru satu tahun inilah," katanya pada hari yang sama.

Dia mengaku sudah menyuruh Isma untuk mencari tempat lain yang lebih layak.

Ketika ditanya terkait surat-surat dan raskin yang tidak diberi kepada Isma, Kliwon tampak gugup menjawab.

"Iya, ini mau dibuat KTP dan KK-nya karena katanya sudah hilang. Ini mau dibantulah," jawabnya terbata-bata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com