Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Ini Jual Makaroni demi Ibunya yang Sakit Ginjal...

Kompas.com - 05/02/2016, 13:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Bagi Eko, satu kardus dan sebuah tas kertas sudah cukup jadi alat untuk menyambung hidup. Kardus yang kemudian diisi jajanan makaroni itu dibawa menggunakan sepeda untuk ditawarkan kepada pembeli.

Eko bukanlah seorang dewasa, tetapi bocah kelas II sekolah dasar di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dia berjualan lantaran ibunya sakit ginjal. Sementara itu, ayahnya telah meninggal dunia. Kondisi hidupnya juga jauh dari kata cukup. Namun, demi menyambung hidup, Eko tak menyerah.

Jajanan makaroni itu dibungkus kecil-kecil untuk diedarkan. Hak Eko sebagai anak-anak untuk bermain seolah tergadaikan dengan usaha mencari uang ini. Bahkan, penghasilan itu bukan untuk dirinya, melainkan untuk membantu menghidupi keluarganya.

Semenjak ayahnya meninggal dunia, Eko menjadi anak yatim. Ibunya lalu menanggung semua beban pekerjaan yang ditinggalkan, menjadi tulang punggung keluarga, hingga terkena sakit ginjal.

Saat Eko berkeliling itulah, banyak warga yang iba melihat perjuangan si anak, salah satunya Ika Yulianti.

Suatu kali, Ika pulang dari tempat kerjanya di PT SCG Readymix Indonesia di kawasan industri Semarang. Tanpa sengaja, Eko saat itu sedang menawarkan makaroni.

"Sepulang kantor, saya enggak sengaja lihat anak kecil berjualan. Saya penasaran, dan minta adik itu minggir," kata Ika yang merupakan alumnus jurusan Akuntasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu.

Setelah bertanya, Ika mengaku iba mendengar cerita sang anak. Ia lalu mengantar Eko pulang untuk menunjukkan kondisi orangtuanya.

Di sana, rasa iba kembali muncul. "Sampai di rumahnya, saya bertemu dengan ibunya, Dewi. Mereka kos, menempati kamar ukuran 3 x 3," kata Ika. Kisah Ika ini diunggah ke laman jejaring sosial Facebook-nya. 

Di rumah kecil itu, keluarga Eko juga berjualan kecil-kecilan untuk menghidupi dia, adiknya yang berumur dua tahun, dan ibunya.

Eko tampaknya mulai terbiasa dengan kerja berkeliling. Meski baru menginjak kelas II SD, pikirannya telah dewasa. Ia juga mampu merawat adik kecilnya.

"Saya terharu sekali mendengar cerita ibunya. Eko juga melarang ibunya ikut keliling berjualan karena khawatir ibunya sakit, tidak kuat jalan jauh," imbuh dia.

Jumat (5/2/2016) sore ini, Ika pun mengajak Kompas.com untuk mengunjungi rumah bocah kecil tersebut. "Sore ini pukul 05.00 (sore), tunggu di depan Perum Ganesha," tambah Ika, saat dikonfirmasi, Jumat  siang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com