Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said: 2.519 Desa Belum Teraliri Listrik

Kompas.com - 05/02/2016, 00:47 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Masalah kelistrikan di Indonesia hingga kini masih menjadi persoalan serius yang belum dapat terselesaikan. Tercatat masih ada 2.519 desa di seluruh Indonesia yang belum teraliri listrik.

“Di Indonesia masih ada 2.519 desa yang sama sekali belum teraliri listrik,” kata Menteri Sumber Daya Energi dan Mineral Sudirman Said kepada waratwan di Ambon, Kamis (4/2/2016).

Selain itu, kata dia masih ada 12.669 desa yang tak teraliri listrik selama 24 jam. Dari jumlah itu, menurut Said, sebagian beasr terdapat di enam provinsi, yakni di Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT dan NTB.

Karena itu, dia mengatakan Kementerian ESDM saat ini fokus pada penyelesaian masalah akses listrik melalui program Indonesia terang.

"Program Indonesia terang adalah program melistriki desa-desa di Indonesia yang selama ini masih belum mendapat penerangan listrik dengan baik,” katanya.

Menurut dia, membangun kelistrikan di wilayah daratan luas lebih gampang dibadingkan di daerah-daerah kepulauan seperti di enam provinsi tersebut. Namun, untuk mengatasi masalah itu, ke depan akan didorong pemanfaatan energi baru terbarukan.

“Seperti pemanfaatan cahaya matahari, angin, hidro, bionet dan sebagianya itu yang sedang disiapkan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com