Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Tawuran Jelang Tahun Baru, Polisi Amankan Ribuan Miras

Kompas.com - 30/12/2015, 14:48 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK,KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi tawuran pada malam tahun baru, Polres Demak mengamankan ribuan botol minuman keras (miras) berbagai jenis.

Sebanyak 2.142 minuman beralkohol dan 9 jerigen arak tersebut, disita petugas dari penjual miras di sepanjang jalur pantura Demak maupun di sejumlah wilayah Kabupaten Demak , selama sepekan ini.

Kapolres Demak, AKBP Heru Sutopo, mengatakan, operasi minuman keras ini untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman saat menjelang perayaan Tahun Baru.

Razia miras yang beredar di masyarakat dilakukan dengan melibatkan seluruh polsek yang ada di jajarannya.

"Selain miras, sasaran operasi cipta kondisi ini meliputi sajam (senjata tajam), narkoba dan bahan peledak,” ujar Heru, Rabu (30/12/2015).

"Kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan saat perayaan malam Tahun Baru. Terjadinya keributan, tawuran dan tindak kejahatan lainnya berawal dari pengaruh minuman keras," imbuhnya.

Opersi cipta kondisi ini, sambung Heru ,akan dilakukan sampai nanti malam pergantian Tahun Baru. Hal ini dilakukan karena malam pergantian tahun identik dengan pesta minuman keras.

“Kita sudah amankan 10 tersangka penjual miras. Sesuai perda Demak no 2 tahun 2015 tentang miras, mereka diijerat tindak pidana ringan (tipiring). Jadi, tindakan kita ada dasar hukummnya. Tidak asal rasia," ucap Kapolres. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com