Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasabah Bank di Poso Mengaku Kehilangan Tabungannya Rp 11 Juta

Kompas.com - 28/12/2015, 18:50 WIB
Kontributor Poso Kompas TV, Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com — Salah seorang nasabah Bank Syariah Mandiri (BSM) di Poso, Adi Irawan (40), mengaku kehilangan uang Rp 11 juta.

Adi menyadari hilangnya uang dalam tabungan tersebut ketika ingin melakukan transaksi penarikan uang tunai melalui salah satu ATM di Kabupaten Poso.

Menurut Adi, uang Rp 11 juta itu disimpannya di Bank Syariah Mandiri Cabang Poso yang beralamat di Jalan Pulau Irian Jaya, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota.

Ia juga mengaku tidak menerima pemberitahuan dari bank terkait berkurangnya saldo tabungan ini.

Merasa kehilangan uang dalam jumlah besar, Adi langsung melaporkan hal ini kepada pimpinan BSM Cabang Poso.

Namun, menurut dia, tidak ada respons dari pimpinan bank atas laporan ini.

"Saat itu, saya mau tarik uang di ATM, pas saya cek, saldo saya tinggal 800.000, padahal uang saya lebih dari Rp 11 juta. Kejadian ini saya sudah lapor ke pimpinannya, tetapi disuruh bersabar," tutur Adi.

Sementara itu, Kepala Cabang BSM Poso Rahman Permata yang ditemui langsung di ruangannya pada Senin (28/12/2015) mengaku belum dapat menyampaikan keterangan resmi perusahaan terkait hal ini.

Menurut dia, pihak BSM masih perlu melakukan klarifikasi. "Termasuk konfrontasi kepada karyawan saya yang diduga melakukan hal tersebut. Kalaupun itu betul, kami akan berikan keterangan resmi secepatnya," ujar Rahman.

Rahman mengakui, kehilangan uang belasan juta rupiah dalam rekening tabungan itu merupakan hal yang tidak wajar.

Terlebih lagi, kata dia, nasabah yang kehilangan tersebut mengaku tidak pernah menarik uangnya sebesar jumlah yang hilang. (Baca juga: Polisi Bekuk Komplotan Pembobol ATM Bermodus Tusuk Gigi)

BSM Cabang Poso, kata dia, akan terus menyelidiki oknum yang berupaya melakukan pembobolan terhadap rekening nasabah.

Rahman juga menyatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas jika ada oknum pegawai yang melakukan pelanggaran.

"Kami selaku pihak bank akan bertanggung jawab penuh dengan hilangnya uang nasabah. Saya harap korban bisa menghadap langsung ke saya atau melaporkan ke polisi," ujar Rahman.

Pada Selasa (29/12/2015), pihak BSM kembali menyampaikan klarifikasinya. (Baca: BSM Poso Selesaikan Kasus Nasabah yang Kehilangan Tabungan Rp 11 Juta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com