Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilkada, 4 Daerah di Sumut Jadi Perhatian Khusus

Kompas.com - 07/12/2015, 15:33 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Empat daerah di Provinsi Sumatera Utara mendapat perhatian khusus Kapolda Sumut terkait pelaksanaan pilkada serentak.

"Empat daerah itu adalah (Kabupaten) Humbahas, Nias Selatan, Siantar dan Simalungun," ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino, Senin (7/12/2015).

Ngadino menyatakan, berdasarkan pengalaman pernah terjadi kecurangan tahun lalu di Kabupaten Nias Selatan.

Maka, kepolisian sudah memperiapkan langkah antisipasi kasus kecurangan pilkada tidak terulang.

Sedangkan di Simalungun, kepolisian setempat sudah siap mengamankan jalannga pilkada. Ngadino memastikan, pilkada serentak menjadi perhatian khusus TNI dan Polri.

Ribuan personel dikerahkan untuk menjaga keamanan, termasuk pergeseran pasukan ke daerah-daerah.

"Polisi di bantu TNI fokus menjaga keamanan. Polri sudah membuat berbagai kegiatan, misalnya Operasi Mantap Praja dan serpas (pergeseran pasukan) ke wilayah kabupaten dan kota. Bahkan dua SSK Brimob Aceh turut diperbantukan," ujar Ngdino.

Dia menambahkan, upaya proaktif terus dilakukan agar gelaran pilkada berjalan lancar dan tidak menimbulkan pergesekan yang berpotensi menghasilkan perusakan atau pembakaran.

"Alhamdulillah, sampai saat ini situasi kamtibmas di Sumut masih aman terkendali. Bagi masyarakat atau pendukung salah satu calon, jangan melakukan tindakan anarkis yang dapat mengganggu ketertiban," Kapolda menegaskan.

Di tempat terpisah, Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, sebanyak 1.190 personel dikerahkan untuk mengamankan di seluruh TPS di Kota Medan.

Dia berharap, pelaksanaan Pilkada Kota Medan berjalan kondusif. Untuk itu semua elemen masyarakat diharap ikut berperanserta menjaga kamtibmas.

"Kami sejak awal sudah melakukan berbagai upaya mengantisipasi jika terjadi gejolak," ujar Mardiaz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com