Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Yogyakarta Tawarkan Hadiah Rp 2 Juta bagi Pelapor Politik Uang

Kompas.com - 06/12/2015, 20:27 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan memberikan hadiah sebesar Rp 2 juta bagi masyarakat yang menemukan praktik politik uang menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada Rabu (9/12/2015).

"Kita akan memberi bonus Rp 2 Juta kepada masyarakat yang menemukan praktik money politic dan melaporkanya," kata Ketua DPD PDI-P DIY Bambang Praswanto, Minggu (06/12/2015).

Bambang mengatakan, masyarakat yang melapor harus menyertakan bukti-bukti kuat tentang dugaan politik uang yang diketahuinya. Bukti yang dibawa juga harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Masyarakat bisa melapor ke pengurus DPD, pengurus cabang, maupun anak cabang disertai bukti-bukti dan tentu bisa dipertanggungjawabkan," kata dia.

Hadiah Rp 2 juta tersebut berlaku untuk satu kasus yang dilaporkan. Jika lebih dari satu kasus, maka akan mendapatkan imbalan seusai jumlah kasus yang dilaporkan.

Pemberian hadiah itu sebagai bentuk penghargaan untuk masyarakat yang antipolitik uang. Bambang berharap, pelaksanaan pilkada serentak di Yogyakarta bisa berjalan lancar, jujur, dan adil.

Selama masa tenang pada 6-8 Desember, pengurus partai berlambang banteng itu telah menginstruksikan kepada seluruh tim pemenangan calon kepala daerah untuk melaksanakan ronda.

"Agar tidak ada aksi-aksi money politic ataupun pelanggaran-pelanggaran," kata Bambang.

Pilkada di DI Yogyakarta tahun ini akan digelar di tiga kabupaten, yakni Sleman, Gunungkidul, dan Bantul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com