Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ada Gangguan Keamanan, Papua Kondusif Gelar Pilkada Serentak

Kompas.com - 03/12/2015, 05:38 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Kepolisian Daerah Papua menegaskan, kondisi keamanan di Papua masih kondusif dan siap menggelar pilkada serentak yang akan berlangsung di 11 Kabupaten, 9 Desember mendatang.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Patrige Renwarin, kemarin mengatakan, serangkaian gangguan keamanan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di Papua tidak mengganggu kehidupan bermasyarakat secara umum.

Patrige mencontohkan kejadian pembunuhan perwira TNI di Kabupaten Mamberamo Raya yang hanya terlokalisasi di Kampung Namunaweja, dan tidak mempengaruhi keseluruhan aktivitas warga di Kabupaten itu.

“Ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran warga di Papua akan pentingnya keamanan yang kondusif dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Patrige.

Mengenai kejadian di Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Waropen, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Jayawijaya, menurut Patrige sudah ditangani aparat Kepolisian dan situasi sudah kembali kondusif.

Menurut dia, Polda Papua sudah mengidentifikasi kerawanan di 11 kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak dan sudah menyebar pasukan sesuai tingkat kerawanannya.

Ia pun menegaskan personil Brimob dibantu TNI sewaktu-waktu bisa digeser jika terjadi kerawanan dalam pelaksanaan pilkada tersebut.

“Semua sudah kami antisipasi, dan daerah-daerah yang dianggap punya tingkat kerawanan pada pilkada mendatang, Polda Papua sudah menambahkan pasukan,” ungkap Patrige.

Pelaksanaan Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang akan berlangsung di 11 kabupaten di Papua, masing-masing.

11 kabupaten itu adalah Kabupaten Nabire, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Keerom, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digul dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com